Mencegah Pelecehan Seksual Pada Anak

Belakangan ini media massa sering kali memberitakan tentang adanya kasus pelecehan seksual yang terjadi pada anak-anak di lembaga pendidikan. Si Kohar
images by hipwee.com

Mencegah Pelecehan Seksual Pada Anak

Belakangan ini media massa sering kali memberitakan tentang adanya kasus pelecehan seksual yang terjadi pada anak-anak di lembaga pendidikan, mulai dari lembaga sekolah hingga pondok pesantren.

Lembaga pendidikan yang harusnya menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi anak-anak untuk mencari ilmu kini mulai berubah menjadi tempat sarang kekerasan dan pelecehan seksual bagi oknum-oknum otak mesum yang ada di lingkungan tersebut. hal ini dapat membuat orang tua khawatir kepada anak-anaknya yang sedang mencari ilmu di lingkungan pendidikan. meskipun kita tidak bisa memukul rata semua lembaga pendidikan diluar sana yang aman untuk anak-anak mencari ilmu, namun kita sebagai orang tua harus lebih cermat dan hati-hati dalam memilih lembaga pendididikan.

Kekerasan dan pelecehan seksual diluar jangkauan orang tua tentu saja tidak bisa dikendalikan, karena kita tidak tahu siapa yang akan menjadi pelakunya (oknum). Namun kita bisa membekali anak dengan pendidikan yang baik sebagai salah satu tindak preventif dari tindakan kekerasan pelecehan seksual. Berikut beberapa cara yang bisa diajarkan terhadap anak :

1. Kenalkan bagian tubuh sejak dini, dan pastikan untuk menggunakan nama yang tepat pada bagian tubuh. dan ajari juga apa fungsi dari bagian tubuh tersebut.

2. Ajarkan anak bagian tubuh yang bersifat pribadi, ajarkan pada anak bagian tubuh mana saja yang boleh dan tidak boleh di lihat atau dipegang orang lain.

3. Menanamkan rasa malu, Rasa malu yang dimaksud adalah malu berganti pakaian di tempat umum dan terbuka. ajarkan pula anak untuk menggunakan pakaian yang sopan (tertutup) dan pantas untuk kenakan.

4. Ajarkan anak untuk menolak dan keluar dari situasi yang memungkinkan potensi terjadi kekerasan atau pelecehan. mungkin ada beberapa anak yang merasa tidak nyaman untuk mengatakan "Tidak" kepada orang yang lebih tua atau dewasa, namun bentuk penolakan harus di tanamkan sejak dini, dan orang tua bisa mengajarkan anak untuk berkata-kata saat berada dalam situasi yang tidak nyaman.

Beberapa cara diatas hanyalah sebagian sedikit dari banyaknya cara kita sebagai orang tua untuk melindungi anak dari kekerasan dan pelecehan seksual yang sedang marak saat ini, satu lagi, pantau setiap aktivitas yang dilakukan oleh anak, jika anak bermain lihat pergaulannya dan jika bermain Gadget (HP) batasi penggunaannya dan selalu memantau apa yang dilihat pada saat bermain Gadget (HP).

writer: Mba Nana
editor & re-writer: Si Kohar

Posting Komentar